Paket Wisata Sukamade Banyuwangi

By | 15 August 2022
Paket Wisata Sukamade Banyuwangi

Paket Wisata Sukamade Banyuwangi – Destinasi wisata di Banyuwangi mengalami trend sejak tahun 2013 berawal dari acara kompetisi surfing yang diadakan oleh pemkab di Pantai Pulau Merah. Event pertama tersebut menjadi awal pariwisata Banyuwangi dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sejak itu, pemkab terus menggelar acara – acara secara rutin setiap tahunnya yang diberinama dengan Banyuwangi Festival. Berbagai acara digelar baik mulai dari tema wisata hingga seni dan budaya khas Banyuwangi. Dari situlah wisawatan semakin penasaran ingin mengunjungi keindahan wisata di Bumi Blambangan.

Secara brand, Banyuwangi memiliki tiga titik destinasi andalan yang disebut dengan Triangle Diamond. Tiga destinasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang hanya bisa di dapatkan di Banyuwangi. Tiga lokasi wisata tersebut adalah Kawah Ijen, Plengkung/Alas Purwo dan Pantai Sukamade.

Kawah ijen memiliki keunikan blue fire, didunia api biru hanya bisa didapatkan di dua tempat saja yaitu Kawah Ijen Banyuwangi dan Islandia. Awalnya wisatawan yang berkunjung kebanyakan dari manca negara utamanya eropa, kini wisatawan lokal pun semakin banyak yang penasaran ingin menyaksikan blue fire kawah ijen.

Destinasi kedua yang tak kalah keren adalah Pantai Plengkung yang berada di kawasan taman nasional Alas Purwo. Selain hutannya yang terkenal mistis bagi masyarakat Indonesia, Plengkung memiliki keunggulan yaitu ombaknya yang sangat tinggi hingga mencapai 6 meter. Ukuran ombak tersebut sangat langka didunia dan hanya ditemukan di Hawai, Afrika Selatan dan Plengkung.

Lokasi berikutnya adalah Pantai Sukamade, masuk dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri. Sukamade sendiri adalah nama sebuah dusun di desa Sarongan. Jika dilihat dari pantainya Sukamade sama dengan pantai lainnya memiliki pasir yang putih dengan bentang pantai sepanjang kurang lebih 3 km.

Lalu apa yang menarik untuk Paket Wisata Sukamade Banyuwangi? Berikut ini apa saja yang bisa dilihat dan dinikmati saat berlibur di Sukamade atau Merubetiri.

Petualangan

Sukamade terletak di wilayah Banyuwangi Selatan lokasinya sangat terpencil dan cenderung terisolir dalam artian jauh dari keramaian kota. Akses jalan menuju ke lokasi tidak diaspal bahkan bisa dikatakan terjal cenderung ekstrim. Jalan berbatu dan licin saat hujan, oleh karena itu untuk bisa sampai disana harus menggunakan mobil 4×4 (4wd)

Petualangan ke Sukamade tidak cukup hanya itu saja, lokasi taman nasional Sukamade terhalang oleh 1 sungai besar dibagian hilir dan 3 sungai di bagian hulu. Satu sungai yang ada di hilir melurapak gabungan dari tiga sungai yang ada di hulu. Yang menjadi ekstrim adalah tidak ada satupun jembatan yang dapat digunakan untuk menyeberang menuju Taman Nasional Merubetiri. Oleh karena itu, agar dapat sampai dilokasi harus menyeberangi sungai-sungai tersebut.

Medan yang ekstrim ini sangat menarik dan penuh kenangan bagi wisatawan saat berkunjung kesana. Selama perjalanan wisatawan bisa melihat berbagai jenis hewan liar seperti monyet, ayam hutan, lutung berkeliaran. Selain itu udara yang segar dan bersih dapat dihirup dengan lega.

Pengamatan Penyu Bertelur

Sukamade adalah salah satu dari sembilan tempat penangkaran penyu di Indonesia. Sejak ditemukan hingga sekarang Pantai Sukamade digunakan oleh penyu untuk bertelur secara alami. Berbagai macam jenis penyu yang bertelur di pantai ini adalah Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea).

Telur yang di tinggal oleh induk penyu ditangkar untuk ditetaskan oleh petugas taman nasional. Jumlah telur setiap harinya mencapai rata 600-700 butir dilahirkan dan siap ditangkar. Moment penyu bertelur secara alami ini dapat disaksikan oleh wisawatan secara langsung dari dekat. Mulai dari proses penyu mengeluarkan telurnya hingga kembali ke laut untuk melanjutkan perjalanan migrasinya.

Kegiatan pengamatan penyu bertelur seperti ini jarang dijumpai secara langsung ditempat lain. Disini wisatawan dapat menjadi saksi kelahiran telur-telur penyu sambil berfoto bersama induk penyu.

Pelepasan Tukik (Anak Penyu)

Telur penyu yang menetas dari hasil penagkaran wajib untuk dilepaskan kembali kealam untuk menjaga habitat mereka agar tetap terjaga. Kegiatan pelapasan tukik juga menjadi bagian dari rangkaian paket wisata Sukamade Banyuwangi yang sangat mengesankan. Wisatawan diberikan satu ember anak penyu untuk dilepaskan kembali ke alam di Pantai Sukamade.

Masing – masing wisatawan dapat melihat dari dekat bahkan memegang dan mengenali secara langsung anak penyu sebelum dilepaskan. Selain itu, wisatawan juga menjadi bagian dari pelestarian ekosistem alam utamanya penyu.

Paket Wisata Sukamade Banyuwangi 2 hari 1 malam

WAKTU KEGIATAN
Hari Pertama Meeting Point Bandara/Homestay/Hotel/Stasiun (Ready 3 Lokasi: Banyuwangi Kota/Jajag/Kalibaru)
Wisata Pulau Merah
Makan Siang
Starting Sukamade
Checkin Hotel
Makan malam
Pengamatan Penyu Bertelur
Istirahat
Hari Kedua Proses Melepas Tukik
Makan Pagi
Checkout meninggalkan Sukamade
Pantai Teluk Ijo
Pantai Baduk
Makan Siang
Perjalanan kembali ke Meeting Point

Selamat berlibur dan menikmati serunya berpetualang ke Taman Nasional Merubetiri Sukamade.

Jika tertarik untuk berlibur kesana, Anda dapat menghubungi agen tour wisata yang ada di Banyuwangi. Salah satu agen wisata yang kami rekomendasikan untuk perjalanan ke Sukamade adalah “Banyuwangi Adventure”. Kami merekomendasikan karena profesional, harga terjangkau, paket wisata menarik dan timnya lebih memahami medan.

Dapatkan keterangan lengkap di website resminya: https://banyuwangiadventure.com/